Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

Suara.com – Selama pandemi Covid-19, masker menjadi suatu hal vital yang tidak boleh terlupa Menggunakan masker mampu mencegah kita terhindar dari infeksi virus corona penyebab sakit Covid-19.

Meski sering dianggap sepele, ternyata banyak yang keliru dalam hal membuka masker. Lantas seperti apa kesalahannya, dan bagaimana membuka masker yang baik dan benar?

“Jadi sebenarnya ada satu lagi yang penting tapi terlupakan, yaitu cara membuka masker,” dr. Ivan Adrian M., MKKK dalam Talkshow ‘Menerapkan Protokol Kesehatan Menjelang Liburan Akhir Tahun di YouTube BNPB, Selasa (15/12/2020).

Ia mengatakan cara membuka masker yang benar yaitu dimulai dengan memegang tali masker di belakang telinga, perlahan dibuka lalu langsung buang ke tempat sampah infeksius.

Baca Juga: Ibu Positif Covid-19, Bagaimana Nasib Raffi Ahmad dan Keluarga?

Ilustrasi masker (Suara.com/Michelle Illona)

Kebanyakan orang kata dr. Ivan mereka membuka masker dari bagian depan mulut. Inilah yang salah, karena bagian depan mulut adalah bagian filter yang menyaring virus.

Maka saat tangan menyentuh bagian depan masker yang ternyata mengandung virus Covid-19, maka virus bisa berpindah.

Ditambah apabila setelah melakukannya orang tersebut lupa mencuci tangan, atau langsung memegang benda-benda lainnya. Kata dr. Ivan meski tidak kasat mata bukan berarti virus itu tidak ada.

“Virus corona itu mikro, makanya banyak orang tidak melihat dan merasa corona itu tidak ada, supranatural padahal virus ini nyata, analis laboratorium kita menangis kalau mendengarnya,” terang dr. Ivan.

Virus corona baru atau SARS CoV 2 ini hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop elektron atau mikroskop yang bisa melakukan perbesaran hingga ribuan kali. 

Baca Juga: Pemda DIY Stop Bansos COVID-19 untuk 2021