–>

Suara. com – Bagi Anda pecinta kopi pasti sering diingatkan untuk jangan terlalu banyak mengonsumi kopi, karena kafein bisa membuahkan asam lambung. Mitos atau data?

Menanggapi pertanyaan tersebut, praktisi Kesehatan sekali lalu Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam membenarkan kandungan kafein pada kopi bisa meningkatkan produksi asam terbang.

“Perlu disampaikan di dalam kopi itu ada unsur kafein, kafein ini disebutkan bisa meningkatkan asam lambung, ” ujar Prof. Ari dalam pembicaraan di IG LIVE, Kamis (24/9/2020).

Biar para produsen minuman kopi berdalih tidak mengandung zat asam ataupun non acid, kandungan kafein ini lah dipastikan bisa meningkatkan asam menyanjung-nyanjung.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut menjelaskan kandungan kafein di menyanjung-nyanjung sifatnya agresif yang menyebabkan keburukan seperti stres dan makanan pedas.

Cerai-berai ada juga faktor defensif yang memberikan efek perlindungan, seperti obat penghilang rasa sakit.

“Obat itu menyebabkan penipisan, secara langsung merusak tapi juga menipiskan dinding lambung, ” terang Prof. Ari.

Agar lambung sehat, taat Prof. Ari penting menjaga harmoni antara faktor agresif dan faktor defensif agar tidak terjadi urusan lambung.

“Biar kita tahu dulu kalau dalam lambung ada keseimbangan ada agresif dan defensif, kalau dijaga bagus, tapi kalau tidak dijaga jadinya bisa menyebabkan masalah lambung, ” tutupnya.

Ia juga tidak mengajukan untuk mengonsumsi kopi botol dengan dijual dalam kemasan satu liter.