Suara. com – Usia menarche atau menstruasi pertama kali pada perempuan, semakin lama semakin muda. Padahal menstruasi dapat memberikan beberapa perubahan serta dampak psikoligis pada anak.

Jika sebelumnya menarche dialami oleh remaja perempuan berumur 11-14 tahun, saat ini, sebuah penelitian menemukan bahwa anak perempuan mengalami menstruasi pertama kali di umur 9-11 tahun.

“Masa pubertas, termasuk menarche di dalamnya memiliki melimpah dampak psikis terutama pada anak yang baru pertama kali mengalami. Mulai dari perubahan emosi lalu mental maupun perubahan perilaku. Semua perubahan ini berhubungan erat dengan hormon”, ujar Psikolog Anak Devi Sani, M. Psi dalam pokok peluncuran virtual website Charm Girls’ Talk beberapa waktu lalu.

Beberapa perubahan terkait emosi dan mental juga bisa jelas terlihat saat remaja mulai memasuki masa pubertas, khususnya menarche.

Baca Juga: Coba Konsumsi, Pisang dan 3 Buah Ini Meraih Redakan Kram Menstruasi Lho!

Devi menjelaskan, diantaranya adalah bergesernya dependensi dari orangtua menjadi depedensi dalam opini teman, adanya perubahan hormonal membuat remaja jadi lebih self conscious, merasa
ingin merasa “belong” ke sebuah kelompok, tetapi juga ingin dipandang sebagai individu yang unik.

“Jadi mereka lebih mendengar opini teman. Self-conscious meningkat, seperti ketika berjerawat malu masuk sekolah. Hendak dipandang sebagai individu yang exklusiv, misalnya gaya berpakaian yang berciri khas, ” jelasnya.

Selain itu, Devi juga menjelaskan, bahwa mereka makin ahli dalam menggunakan logika lalu solusi untuk diri sendiri, mereka juga memiliki keinginan kuat untuk independen, meski tetap ada region di mana mereka membutuhkan bantuan orangtua.

Lainnya adalah perubahan perilaku di mana mereka mulai sangat peduli oleh penampilannya, lebih memilih hal-hal oleh resiko lebih besar, selalu termotivasi oleh penerimaan teman dan quickly pull tidur juga berubah, misalnya menjadi lebih malam.

Remaja Putri Tak Meraih Pendampingan Terkait Menarche

Baca Juga: Bolehkah Pap Smear DIiakukan Saat Menstruasi, Ini Jawabannya

Sayangnya, di masa semua perubahan yang terjadi, terkait pubertas maupun menarche, ditemukan bahwa satu dari lima remaja putri Indonesia tidak mendapatkan informasi juga pendampingan yang tetap mengenai menstruasi sebelum mereka mendapatkan menstruasi pertama.