Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

Suara. com – Sikat gigi sebelum tidur adalah salah satu kebiasaan dengan dapat merawat kebersihan & kesehatan gigi. Hal tersebut dilakukan guna membersihkan geraham dari sisa-sisa makanan yang menempel.

Makanan yang menempel dapat menyebabkan plak yang pada akhirnya berpotensi menjelma karang gigi yang pelik untuk dibersihkan.

Dokter gigi drg. Andy Wirahadikusumah Sp. Pros mengucapkan, saat plak sudah menjelma karang gigi, hal tersebut tidak akan bisa hilang hanya dengan dibersihkan memakai sikat biasa, tetapi harus dibawa ke dokter.

“Karang gigi itu sisa-sisa sasaran yang sudah mengeras, makanya namanya karang gigi. Memang tidak bisa dibersihkan cuma dengan sikat gigi maka harus dibersihkan oleh tabib gigi dengan alat khusus untuk merontokannya, ” terang dokter Andy dalam webinar Pepsodent, Rabu (31/3/2021).

Baca Pula: Gara-gara Pandemi Covid-19, Kesehatan Gigi & Mulut Jadi Terabaikan

Karang gigi juga bisa menjadi sarang bagi bakteri kalau kita sebut adalah bakteri streptococcus. Lambat laun, bakteri tersebut akan men asam dengan jumlah yang makin banyak.

Dokter Andy mengatakan, asam itu melahirkan terjadinya demineralisasi atau terkikisnya mineral pada email (lapisan terluar gigi).

“Sehingga hendak menyebabkan permasalahan gigi sensitif. Jadi penanggulangannya harus dibersihkan setiap enam bulan sekadar dengan berkunjung ke dokter gigi. Tentunya bisa dikombinasi lagi dengan penggunaan tapal gigi khusus untuk pasta gigi sensitif untuk hasil yang lebih optimal, ” ucapnya.

Terkikisnya mineral pada lapisan asing gigi itu bisa terjadi secara kimiawi maupun mekanis. Proses kimiawi terjadi karena makanan yang mengandung masam. Sedangkan proses mekanis kelanjutan cara membersihkan gigi dengan salah atau juga pemilihan sikat gigi yang tak tepat.

Dokter Andy mengutarakan, menyikat gigi tidak terang juga bisa menyisakan isyarat makanan yang seiring periode bisa menjadi plak. Lalu berkembang juga menjadi jalin gigi.

Baca Juga: Survei: Pandemi Bikin Masalah Kesehatan Gigi Meningkat, Kok?

“Ini memang jalan menyikat gigi sangat berlaku sekali. Jika cara sikat giginya salah, sehingga tidak terangkat semua, masih ada yang terjebak di sela-sela gigi, dan itu bakal mengeras dan menjadi karang gigi. ”