–>

Suara. com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19 di usia 74 tahun, yang diumumkan melalui Twitter-nya, @realDonaldTrump, Jumat (2/10/2020).

Menurut laporan The News York Times, dilansir dari Mirror UK , Donald Trump menunjukkan gejala ringan virus corona setelah dinyatakan positif Covid-19.

Donald Trump terlihat lebih lesu ketika acara penggalangan dana di New Jersey pada hari sebelum dinyatakan positif Covid-19. Sumber lain juga mengatakan, kondisi Donald Trump terlihat lebih dingin.

Donald Trump juga sempat tertidur di Air Force One dalam perjalanan kembali dari rapat umum di Minnesota. Gedung Putih juga mengumumkan, beberapa jadwal rapat umum besar di Florida yang harus dihadiri Donald Trump pun harus dibatalkan karena positif virus corona.

Presiden juga tidak ambil andil dalam penggilan telepon terjadwal bagi warga lanjut usia yang rentan terinfeksi virus corona Covid-19. Kini, ia pun diharapankan mengambil bagian tersebut.

Presiden AS Donald Trump berjalan dari Marine One setelah tiba di South Lawn Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat pada 1 Oktober 2020. [SAUL LOEB / AFP]

Namun dilansir Mirror UK , Wakil Presiden Mike Pence mengatakan bahwa Donald Trump telah memintanya untuk memimpin panggilan tersebut dan menggantikannya.

Sementara itu, putri Presiden Donald Trump, Ivanka, dan menantu laki-laki, Jared Kushner, dinyatakan negatif virus corona Covid-19 pada Jumat pagi.

Di samping itu, kabar Donald Trump yang positif virus corona telah membawa Amerika Serikat ke dalam potensi krisis konstitusional.

Sedangkan, Presiden AS Donald Trump pun dianggap termasuk orang dalam kategori yang berisiko tinggi mengalami kondisi parah akibat virus corona Covid-19 karena usia dan kelebihan berat badannya.