–>

Suara. com – Kolesterol tinggi terjadi kala seseorang memiliki banyak zat lemak yang disebut kolesterol dalam darahnya. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan berlemak, kurang olahraga, keunggulan berat badan, merokok dan menelan alkohol.

Kadar kolesterol tinggi ini mampu menyebabkan masalah serius yang membujuk sirkulasi darah, seperti serangan jantung dan stroke.

Seseorang mungkin akan mengembangkan petunjuk penyakit jantung, seperti angina atau nyeri dada yang muncul masa aktivitas dan istirahat.

Organisasi kesehatan pula mencatat tanda lain kolesterol luhur yang harus diperhatian selama gerak. Anda mungkin merasa sakit pada bagian betis selama olahraga & akan hilang ketika istirahat.

Menurut NHS dilansir dari Express , telah memaparkan gejala istimewa angin antara lain:

Sketsa kolesterol tinggi. (Shutterstock)
  1. Terasa kencang ataupun tumpul bisa menyebar ke langan kiri, leher, rahang atau tumpuan.
  2. Dipicu oleh kesibukan fisik atau stres
  3. Berhenti dalam beberapa menit sesudah istirahat

Terkadang, angina bisa mneyebabkan mual ataupun sesak napas. Jika Anda tak yakin dengan kadar kolesterol di tubuh, Anda mengunjungi dokter atau melakukan tes medis.

Anda mungkin menggunakan obat untuk menurunkan kolesterol pada tubuh jika kadarnya terlalu tinggi. Tapi, pencegahan jauh lebih bagus daripada pengobatan kolesterol tinggi.

Mengurangi makanan berlemak bisa membantu mengatasi kadar koelsterol tinggi, terutama makanan yang mengandung lemak jenuh. NHS telah menyarankan untuk mengonsumsi makanan ini lebih sedikit.

  1. Pai, daging, sosis serta daging berlemak
  2. Mentega, lemak babi dan ghee
  3. Krim dan keju berpenat-penat, seperti cheddar
  4. Kue dan biskuit
  5. Makanan yang mengandung minyak kepala atau sawit

Sedangkan, Anda harus lebih banyak mengonsumsi ikan berminyak, roti dan pasta, kaccang dan biji-bijian serta buah dan sayuran.

Selain itu, Anda serupa harus olahraga minimal 150 menit seminggu. Anda bisa melakukan olahraga berjalan, renang dan bersepeda.