Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

Suara.com – Mimisan yang diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah sering terjadi pada anak-anak. Penyebab pembuluh darah pecah ada banyak, mulai dari mengupil hingga hidung kering. Kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkannya.

“Mimisan sangat umum dan memengaruhi hingga satu dari tujuh orang dewasa di Amerika Serikat,” kata Anne Getz, MD, ahli rinologi di UCHealth Sinus Center.

Kondisi ini jarang menjadi masalah kesehatan utama, kecuali sering terjadi atau parah. Menyadur Insider, berikut hal mendasar tentang penyebab mimisan.

1. Hidung kering

Baca Juga: Meresahkan Warga, BKSDA Tutup Atraksi Lumba-lumba Hidung Botol di Sanur

Menurut residen otolaringologi di University of Colorado, Olivia Kalmanson, MD, mimisan dapat terjadi secara tiba-tiba dan umumnya disebabkan oleh hidung kering.

“Penyebab paling umum mimisan adalah hidung kering. Tinggal di iklim kering, terkena udara panas, dan dehidrasi, biasanya menyebabkan kekeringan,” kata Kalmanson.

Ilustrasi anak mimisan. (Shutterstock)

2. Pengobatan

Beberapa obat dapat menyebabkan hidung kering yang pada akhirnya menyebabkan mimisan. Jenis obat tersebut seperti antihistamin, dekongestan hidung, semprotan steroid hidung, dan oksigen intranasal.

3. Penyakit

Baca Juga: Wudhu 5 Kali Sehari Apa Cukup Bersihkan Hidung? Ini Kata Dokter

Infeksi sinus atau pilek dapat membuat penderitanya berisiko lebih tinggi mengalami mimisan karena lapisan hidung teriritasi.

4. Penyakit dan kondisi kesehatan tertentu

Memiliki tekanan darah tinggi atau kehamilan juga dapat menyebabkan mimisan secara lebih banyak,

5. Deviasi septum

Ini terjadi ketika dua bagian hidung tidak menyatu secara simetris, menyebabkan dinding yang tipis yang membatasi kedua lubang hidung tidak berada tepat di tengah.

Deviasi septum dapat mengubah aliran udara normal dan menyebabkan risiko mimisan meningkat.