Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

Suara. com – Perayaan Natal mungkin terasa kurang lengkap minus mengikutsertakan kehadiran Sinterklas. Bercerita menghantam Sinterklas membagi-bagikan hadiah saat malam Natal, seringkali dilakukan para orangtua kepada anak-anaknya.

Namun, Psikolog anak tahu, orangtua harus memberikan penjelasan kalau Sinterklas hanya tokoh fiktif masa usia anak sudah lebih tumbuh.

Psikolog bujang Dr Amanda Gummer dari Good Play Guide Dr Gummer mengucapkan waktu yang tepat untuk meluluskan tahu tentang kebenaran Sinterklas ialah saat anak kelas 6 SD atau sekitar usia 10 atau 11 tahun.

“Banyak orangtua merasa bahwa menyekolahkan anak ke sekolah menengah, yang masih percaya dapat membuat perundungan, jadi Natal tahun ke-enam adalah saat yang tepat bila mereka masih percaya (sinterklas), ” kata Gummer dikutip dari Mirror.

Baca Juga: 4 Tips Parenting buat Menjaga Kesehatan Mental dan Muncul Kembang Anak

Ilustrasi Sinterklas atau Santa Claus. (Shutterstock)

Ia juga memperingatkan tentang bahaya terus menerus berbohong kepada anak-anak tentang Sinterklas.  

“Penting agar anak-anak mempercayai orangtua dan mempercayai apa yang dikatakan kepada mereka. Jadi jika Anda menyimpan mitos terlalu lama, ada bahaya bahwa akan merusak kredibilitas Anda dengan mereka yang mampu merusak hubungan Anda saat itu tumbuh dewasa, ” jelasnya.

Jika berencana menjelaskan yang sebenarnya kepada anak-anak, Gummer mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan menunggu sampai anak bertanya kemudian menanyakan pendapatnya.

“Lebih mudah untuk mengonfirmasi kecurigaan dengan sudah mereka miliki daripada menyampaikan berita kepada mereka secara tiba-tiba, ” katanya.

Tetapi pastikan untuk memberi tahu mereka bahwa pesan-pesan Natal, seperti kebaikan dan kepedulian, segenap masih berlaku.

Membaca Juga: Meski Virtual, Sinterklas Tetap Semarakkan Natal

“Coba jelaskan bahwa anak kecil menetapkan mempelajari pelajaran tentang menjadi baik hati dan Sinterklas adalah jalan membantu mereka mempelajari pelajaran itu dengan cara yang menyenangkan, ” tuturnya.