–>

Suara. com – Kulit tubuh yang sakit, gatal, dan meradang tentu tidak nyaman untuk beraktivitas maupun istirahat. Terlebih bila Anda menderita dermatitis atopik yang tak bisa cocok dengan semua jenis kain seprai.

Menurut National Eczema Society mengatakan dermatitis atopik adalah jenis eksim yang memutar umum. Kondisi ini bisa menjadi kronis dan parah tanpa rujukan

Kondisi ini bisa terjadi akibat hasil daripada sistem kekebalan yang terlalu aktif, sehingga peradangan merusak pelindung kulit.

Karenanya, dilansir dari Express , kulit kering dan gatal yang rentan terhadap ruam beragam merah, ungu, coklat atau abu-abu, tergantung pada warna kulit Anda.

Pengkajian menunjukkan bahwa orang dengan dermatitis atopik memiliki mutasi gen yang bertanggung jawab untuk membuat filaggrin.

Ilustrasi ruam, eksim. (Shutterstock)

Filaggrin merupakan protein yang membantu tubuh membentengi kesehatan, pelindung pada epidermis ataupun lapisan atas kulit. Jumlah filaggrin yang tidak mencukupi, artinya pelindung kulit rusak.

Sebab, kelembaban mudah keluar dari lapisan atas kulit dengan membuatnya bisa terinfeksi virus serta bakteri hingga menyebabkan peradangan.

Pada orang dengan menderita dermatitis atopik atau eksim lain, jenis kain tertentu mampu mengiritasi kulit.

Dermatitis atopik menyatakan bahwa jenis kain yang ringan, jarang, dan bernapas paling cocok untuk kulit sensitif.

Jadi bahan sprei dengan cocok bagi penderita eksim adalah kapas atau katun. Pasalnya, benih lain bisa menyebabkan kulit menjadi terlalu panas di malam hari.